Skip to main content
THEATER MODE

Teknik SEO Terbaru untuk Meningkatkan Rangking Blog dan Memperkokoh Artikel di Page One


Teknik SEO Terbaru untuk Meningkatkan Rangking Blog dan Memperkokoh Artikel di Page One
Ingin seperti blog panduaim yang selalu nangkring di page one google? berikut caranya 

Banyak blogger kurang update bahwa.. lebih dari 51% teknik SEO yang populer sekitar 3-4 tahun yang lalu saat ini sudah tidak relevan lagi dan dikategorikan sebagai spam, anda tahu? Tidak kan?

Anda masih menggunakan cara-cara lama seperti blog comment, guest book, article directory, blog network, pyramid, linkwheel, “web 2.0”, dan masih banyak lagi bukan? Semua itu SPAM di mata robot google.

JIka anda sampai saat ini masih menggunakan teknik di atas untuk meningkatkan rangking, segera hentikan. Meskipun blog anda sekarang belum terkena hukuman penalty, tapi waktunya terlempar dari search engine google cepat atau lambat akan segera tiba.

Website anda terlalu berharga untuk dirusak dengan cara-cara membuang waktu seperti itu.

Orang yang sudah terlanjur percaya dengan teknik spam diatas akan skeptis jika diajak berbicara mengenai cara ngeblog white hat SEO. Katanya, terlalu kolot (kuno), lambat, susah, dan buang-buang waktu.

Mereka sedang berada dalam kesalahan terbesar di dunia blogging.

Maka dari itu dalam panduan ini akan saya perkenalkan teknik white hat SEO proaktif yang aman. Tidak hanya itu, teknik-teknik berikut kalau diaplikasikan dengan tepat akan memberikan hasil yang luar biasa.

Dan yang terpenting, anda bisa memulai lembaran baru saat ini juga untuk meninggalkan cara spam.



Teknik White Hat SEO proaktif

Masih banyak blogger yang salah kaprah soal white hat SEO dan content marketing. Keduanya bukan sekedar optimasi on-page dan membuat konten.

Jadi kerjaan seorang praktisi white hat SEO bukan hanya tulis-publish-tulis-publish. Kalau cuma seperti itu jangan heran kalau website anda tidak pernah berhasil nangkring d page one.

Inilah yang harus kita lakukan sekarang :



Link masih merupakan salah satu faktor terpenting dalam SEO. Tapi backlink itu ibarat pedang bermata dua. Teknik mendapatkan backlink melalui spamming (seperti yang ditulis di awal tadi) justru akan menimbulkan resiko yang besar.

Dengan menyadari hal tersebut, maka link yang bagus adalah link yang kita peroleh atas ijin dan sepengetahuan pemilik websitenya.


Memeriksa struktur website dengan internal link blog


Halaman yang mendapatkan banyak inlinks merupakan halaman yang dianggap penting oleh mesin pencari. Maka dari itu pastikan setiap konten utama anda mendapatkan banyak link.



Perbaiki struktur internal link pada isi artikel 


Kita sudah tahu bahwa external link (backlink) merupakan faktor rangking yang kuat. Tapi seringkali kita meremehkan internal link.

Pada kenyataannya, internal link merupakan faktor yang sangat berpengaruh juga karena mesin pencari membaca tingkat kepentingan setiap halaman website dari jumlah internal link-nya.


Tingkatkan isi artikel lama



Salah satu faktor yang membuat konten jadi berkualitas adalah bobotnya. Semakin berbobot artikel kita, semakin besar kemungkinan artikel tersebut menjadi populer. Alasannya, karena isinya lengkap dan tentunya manusia lebih suka konten yang isinya lengkap.

Ada korelasi antara bobot artikel dengan panjangnya. Semakin berbobot artikel, semakin panjang isinya. Seberapa panjang? 400 kata? 800? 1.200?

Terlalu sedikit. Jawabannya: minimal 3.000 kata.


Perbaiki judul konten artikel lama yang kurang menarik dan visitornya sedikit

Dengan memiliki judul yang baik, berarti konten anda sudah 50% berhasil. Dari segi SEO, penggunaan judul yang baik akan mampu meningkatkan rangking halaman anda.

Pernyataan di atas bisa dilihat dari 2 sisi:
  1. Ketertarikan manusia dengan judul
  2. Keberadaan kata kunci di judul
Untuk poin kedua, kata kunci di judul akan membuat Google menganggap bahwa konten kita sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna.

Karena itu keberadaan kata kunci pada judul akan meningkatkan rangking anda. Judul merupakan salah satu faktor on-page SEO yang terpenting.

Kalau halaman anda berada di peringkat bawah tapi mendapatkan klik lebih banyak daripada yang di atasnya, maka kemungkinan anda akan menyalip mereka.

Jadi kesimpulannya, buatlah judul yang semenarik mungkin bagi manusia supaya mereka terpancing untuk meng-klik halaman milik anda.






Memasang link ke website lain sebagai referensi bukan hanya untuk menghias konten kita dibagian footer artikel.

Tapi juga mempengaruhi bagaimana Google memandang website kita.

Logikanya seperti ini:
  • Konten yang memasang link ke website yang terpercaya berarti isinya juga bisa dipercaya
  • Memasang link ke website lain yang relevan berarti memberitahu Google bahwa topik konten kita sama dengan mereka
  • Pembaca senang, mesin pencari pun senang

Sayangnya ada rumor yang sering beredar bahwa eksternal link justru memberikan dampak buruk bagi blog kita karena mengeluarkan visitor jika mereka pergi ke link referensi.

Itu anggapan yang salah.

Bahkan orang dalam Google sendiri, John Mueller, menyatakan bahwa eksternal link adalah salah satu faktor membuat rangking blog menjadi positif.

Tahan visitor agar betah berlama - lama di blog anda

Sebenarnya beberapa cara sudah dijelaskan diatas, seperti:
  • Perbaiki kualitas artikel anda, agar pembaca tinggal di website anda selama beberapa menit.
  • Pasang link ke halaman lain dalam konten kita (internal link).
  • Pasang link ke website lain. Mending mereka pergi ke website lain daripada kembali ke Google.
  • Tingkatkan kecepatan website. Kalau loading terlalu lama, pengunjung akan segera pergi sebelum selesai.
  • Kurangi gangguan seperti popup dan iklan.

Kalau anda hanya mengincar backlink tanpa memperhatikan kepuasan pengunjung, walaupun berhasil naik, lama-kelamaan rangking artikel dan blog anda akan jatuh dengan sendirinya.
kode iklan adsense satu
kode iklan adsense satu

Open Comments